How To Be Rich, Menarik Kekayaan dengan Pikiran Positif






Diambil dari Gramedia Digital.



Diambil dari Gramedia Digital

Naskah ini sudah dimuat di Majalah Money & I, volume 119, Januari-Februari 2021.

Judul Buku  :  How To Be Rich
Penulis         : Dr Joseph Murphy
Penerbit       : Bhuana Ilmu Populer
Cetakan       : Kedua, 2019
Tebal            : xx+ 208 halaman
ISBN              : 978-602-483-061-8

Menarik Kekayaan dengan Pikiran Positif

SIAPA  di dunia ini yang tak menginginkan kekayaan? Rasanya tak ada. Itu sebabnya banyak cara dilakukan untuk mendapatkan kekayaan melimpah. Jadi kaya adalah hak setiap orang. Siapa saja bisa menjalani hidup berkelimpahan, bahagia, berseri-seri dan bebas. Untuk memperoleh itu, dibutuhkan sikap mau bertumbuh, berekspansi, serta berkembang secara rohani, mental, dan material.
Dr Joseph Murphy menyarikan kutipan-kutipan pilihan dari 11 pemimpin besar dunia dalam keberhasilan. Membuat  How To Be Rich kaya ide-ide segar untuk merealisasikan kekayaan yang dibutuhkan orang. Bisa jadi semacam referensi menuju kekayaan dan hidup baru.
Wallace Wattles menyebut tak ada yang salah ingin kaya. Keinginan untuk lebih kaya, lebih penuh dan lebih berlimpah sungguh layak.  Justru, orang yang tidak mau kehidupan yang lebih berlimpah, tidaklah normal. Begitu pula orang yang tidak mempunyai keinginan memiliki cukup uang untuk membeli semua yang diinginkan adalah tidak normal (hal 17).
Langkah pertama dan terakhir dalam mendapat kekayaan adalah dengan memenuhi diri dengan pengaruh-pengaruh baik—pikiran, kesehatan, rumah yang baik, lingkungan bisnis dan rekan-rekan bisnis yang sukses. Penting untuk mengolah pertemanan dengan cara yang benar. Berada di lingkungan orang-orang kaliber akan membantu kita dalam meraih kesuksesan.
Ralp Waldo Trine menulis salah satu hukum kehidupan yang utama adalah memberi atau melayani. Pelayanan untuk orang lain sama pentingnya bagi kebahagiaan yang sesungguhnya dan kesejahteraan yang paling tinggi. Kehidupan yang membagikan perhatian, kekayaan, dan kebahagiaan kepada orang lain adalah kehidupan yang akan terus berkembang dalam keindahan dan kekuatan bahkan dalam kebahagiaan.


How To Be Rich menyebut kegembiraan atas keberhasilan orang lain bukan hanya tanda bahwa seseorang tersebut adalah tipe berjiwa besar. Melainkan juga mengindikasikan bahwa mereka pada saatnya nanti akan dianggap layak untuk sukses (hal 57).
Bagian lain membahas bahwa makin dekat kita hidup dengan Sang Sumber kekayaan, maka semakin banyak pula kekayaan yang kita terima. Akan mudah memahami bahwa jiwa yang senantiasa mengucap syukur, hidupnya lebih dekat dengan Sang Sumber daripada mereka yang tidak pernah bersyukur. Hukum rasa syukur merupakan prinsip alamiah bahwa aksi dan reaksi akan selalu seimbang, serta pada arah berlawanan (hal 77).
Buku yang dikemas ringan ini juga mengajak pembaca untuk selalu berbuat baik. Untuk melakukan kebaikan tidak perlu menunggu memiliki uang. Uang tidak ada hubungannya dengan kekayaan sejati, posisi, atau kekuasaan. Jika kita mengandalkan uang saja, maka kita sebenarnya sedang berdiri di atas pijakan yang licin.
            Bahasan menarik lain adalah pentingnya memiliki antusiasme yang sesungguhnya kekayaan dalam diri. Antusiasme merupakan dinamika kepribadian diri. Tanpa hal itu, apa pun kemampuan kita ternyata tidak aktif. Sesungguhnya kekuasaan, kepemilikan, daya tarik, nama, ketenaran, kehormatan, dan kesuksesan adalan produk dari sebuah kesadaran yang bergelora.  Orang-orang yang tidak memiliki energi antuasiasme akan mati atas keinginan mereka sendiri (hal 148).

          Dijabarkan pula pentingnya ketenangan pikiran yang merupakan permata hikmat yang indah. Hasil dari perjuangan pengendalian diri yang panjang dan kesabaran. Orang-orang yang bersikap tenang telah belajar bagaimana mengatur diri sendiri sehingga tahu cara menyesuaikan diri dengan sekitar.  Saat diri makin tenang, semakin besar pula kesuksesan, pengaruh dan kekuatan kita untuk kebaikan. Orang yang kuat dan tenang selalu dicintai dan dipuja. Diibaratkan pohon tempat berteduh di tanah tandus, atau gunung batu perlindungan saat badai. Tak peduli bagaimana situasi dunia, perubahan apa pun yang menghampiri orang-orang yang memiliki berkat-berkat itu, mereka akan selalu manis, tenang dan damai. Karakter indah tersebut adalah bunga kehidupan atau buah jiwa. Sama berharganya dengan kebijaksanaan. 

Comments

Popular posts from this blog

Ke Bali Naik Kereta Api

Bekerja dengan Cinta, Bekerja dengan Bahagia

Kulineran Ikan Dorang