Berkebun Ala-ala (2)

 Berkebun sekian waktu, mengajarkan saya untuk tidak percaya pada penampilan.

Tanaman-tanaman yang saya rawat memberikan pelajaran itu.

Tampilan Big Papa sebelum dipangkas batangnya. Dok.Pri






Ada tanaman yang sepintas mata terlihat cantik dan anggun. Tapi bila diamati teliti, ternyata ujung daunnya menguning. Atau mengalami lubang di daunnya.
Teringat, beberapa pelajaran bertanam dari menyimak youtube dan membaca literatur, jika ada sesuatu tak beres pada tanaman, segera cari tahu problemnya. Kemungkinan, hidupnya tak baik-baik saja.
Caranya?
Bongkar pot. Periksa kondisi akar dan batang. Benar juga! Beberapa kejadian, tanaman yang saya "curigai" hidupnya tidak sehat, mengalami masalah entah apakah ada akar yang busuk, batang yang lonyot atau ada hama yang menumpang hidupnya.
Aglonema Big Papa ini salah satunya. Kemarin-kemarin, dia terlihat gagah menjulang. Daunnya berwarna terang dengan motif yang semarak.
Tapi tadi pagi, mata saya menangkap ada perubahan pada daun. Menguning di tepi salah satu daunnya.
Tanpa pikir panjang, saya turunkan dia dari rak. Saya bawa ke kebun. Bongkar pot.
Benar juga kecurigaan saya. Batang bagian bawah kurang lebih 1 cm mengalami keropos. Kalau dibiarkan, ini akan menjalar. Merusak dan bikin mati tanaman. Meski pun akar-akarnya sehat.
Saya lakukan operasi penyelamatan kecil. Saya potong batang yang rusak termasuk akar yang menempel. Tidak boleh sayang-sayang, ya!
Daripada dia menjalar dan mematikan tanaman secara perlahan.
Tampilannya memang jadi berubah. Tidak lagi gagah efek saya pangkas. Tapi tak apa. Dia tetap sehat. Sementara, dia recovery. Saya pisahkan dari kawan-kawannya.




Big Papa setelah saya pangkas batangnya yang rusak. Dok.Pri


Comments

Popular posts from this blog

Ke Bali Naik Kereta Api

Bekerja dengan Cinta, Bekerja dengan Bahagia

Kulineran Ikan Dorang