Jogja

Saturyeay yang Yeay!






Salah satu tanda orang yang bahagia adalah memiliki hobi fotografi
(kutipan dari sebuah artikel)



TAK ada yang lebih membahagiakan selain bisa mengabadikan setiap momen yang terjadi di dalam hidup melalui lensa kamera. Saya mengamini itu.

Maka, dengan gembira ria saya mengisi workshop Jurnalistik dan Fotografi di Sekolah Citra Berkat (SCB), The Taman Dayu, Pandaan, Sabtu (3/3). Acara tersebut merupakan salah satu dari sejumlah even yang dihelat dalam Expo Ekstrakurikuler bertajuk  Creative Saturyeay.

Bagi saya, ini merupakan kali kedua mengisi acara yang sama. (Untuk ini saya berterima kasih pada SCB yang sudah memberikan saya kesempatan untuk berpartisipasi). Tahun ini lebih istimewa, bagi saya, karena murid-murid di kelas jurnalistik tampil unjuk gigi di atas pentas dan terlibat dalam penjurian lomba fotografi.

Even Creative Saturyeay dimaksudkan sebagai ajang untuk menunjukkan hasil pembelajaran ekstrakurikuler ini boleh dibilang meriah. Berlangsung mulai pukul 7, dibuka oleh Manajer Operasional SCB, Mr Adi Rasidi, dihadiri wali murid SCB mulai PG-SMP, tamu undangan dan masyarakat sekitar.


Mr Adi Rasidi, Manajer Operasional SCB TTD membuka acara. Dok. Pri


---

Pada Sabtu pagi yang cerah itu, di salah satu ruang di lantai 3, setelah dibuka oleh MC Marcella Evelyne, saya berbagi materi seputar jurnalistik, bagaimana eksis kece di media sosial dengan postingan tulisan dan foto-foto yang inspiratif dan menyenangkan.




Eksis Kece di Media Sosial. Foto : Tim Humas SCB dan Jurnalistik.




Pesertanya, selain siswa dari SCB, banyak pula dari sekolah lain plus para mama yang ingin eksis secara positif di dunia maya.

Peserta mengikuti materi dengan antusias. Ini terlihat ketika mereka mencatat materi saya sekaligus langsung praktik memotret. He-he-he.


Selama satu jam saya membagikan apa saja yang boleh diunggah di laman media sosial dan apa yang sebaiknya tidak dengan mudah kita  bagikan di dunia maya.

Tim jurnalistik SCB membantu mendokumentasikan kegiatan di dalam kelas workshop. Ada pula yang mobile untuk live report untuk Instagram sekolah.




Kelly dan Sefi bekerjasama dengan Ms Filo, Humas SCB untuk live report. Dok. Pri


Tiba saatnya para peserta workshop hunting foto ke lapangan. Ada banyak tampilan dari ekstra Mandarin, Karate, Basket, de Coupage, Melukis dan Mewarnai yang bisa diabadikan melalui lensa kamera.



Tampilan ekstra karate. Foto : Sefi


Selain mendampingi para peserta workshop Jurnalistik dan Fotografi, saya juga menemani anak-anak saya dari kelas jurnalistik untuk tampil mini talkshow ala-ala dan live report.

Persiapan hanya sehari sebelumnya, bersyukur anak-anak bisa percaya diri. Ada satu murid yang sebelumnya menolak untuk maju ke panggung karena merasa sangat pemalu. Tapi, pada sesi latihan, dia mau berusaha untuk menyiapkan diri tampil.

Selain tampil di panggung, kelas jurnalistik juga memajang foto-foto bidikan beberapa orang siswa disertai dengan caption.






Mini talkshow tim jurnalistik. Foto-foto : Kebaikan Mama Nicole


Sekitar 1,5 jam peserta workshop Jurnalistik dan Fotografi berjibaku dengan banyak momen, saatnya untuk mengumpulkan hasil bidikan mereka ke para juri.

Tim juri dibawah leader Rosalina Carmelita berusaha memilih foto-foto terbaik. Saya memberikan support dan arahan saja, selebihnya tim yang bekerja.



Serius banget ya?? Foto : Kebaikan Mama Nicole

Setelah melalui penjurian, akhirnya diumumkan para jawara lomba Jurnalistik dan Fotografi di panggung utama.


Para jawara lomba jurnalistik dan fotografi. Foto : IST/Ade BW


--

Bagi saya kegiatan Expo Esktrakurikuler ini menarik dan menyenangkan. Orangtua bisa melihat langsung hasil pembelajaran masing-masing ekstrakurikuler, kemudian bagi para siswa, ini bisa menjadi momen bagi mereka untuk bersenang-senang dengan bakatnya. Apalagi setiap usai tampil, siswa mendapatkan apresiasi melalui tepuk tangan oleh orangtua, para guru dan teman-temannya.

Sepanjang saya mengamati tampilan peserta didik, wajah-wajah mereka penuh kegembiraan dan rasa bangga. 

Bagi para guru, ini bisa menjadi media untuk mengenal lebih dekat potensi anak-anak didiknya. Barangkali ada murid-murid yang secara akademik biasa saja atau bahkan di bawah rata-rata kelas, tetapi ternyata memiliki potensi lain yang bila diberikan pendampingan intensif, akan menunjukkan hasil luar biasa.

Setiap anak unik dan istimewa. Masing-masing anak memiliki talenta anugerah Tuhan yang bila diasah dan diberikan kesempatan bukan tidak mungkin akan menjadi kelebihan yang indah dan mampu membawa prestasi.


Terima kasih banyak untuk Sekolah Citra Berkat (SCB), The Taman Dayu, Pandaan.

Terima kasih untuk para Leader dan rekan-rekan pengajar di SCB untuk kerja sama baiknya selama ini.

Terima kasih untuk kelas ekstra jurnalistik yang solid dan percaya diri. Proud all of u!

Ditulis di Kaki Penanggungan, jelang pergantian hari, Senin, 23.48 WIB. 


Sebagian peserta kelas jurnalistik SCB. Dok. Pri

Rosalina Carmelita berbagi Tips n Trik Fotografi. Dok. Pri



Menjuri lomba foto. Dok. Pri


Fotografer : Rosalina Carmelita


Yeay! Foto : IST/Kebaikan Ade BW

No comments:

Post a Comment

Unggulan

Incip-incip Kuliner di Resepsi Harry-Meghan

Eldelflower cake. Foto : Ambil di Net. DATANG ke resepsi pernikahan, tak afdhol bila tidak incip-incip sajian yang dihidangkan sohi...

Postingan Paling Hits