Menahan Diri



Ambil di Net.


RAMADHAN tiba. Bulan istimewa penuh ampunan. Semua perbuatan baik diganjar berlipat pahala. Semoga kita menjadi salah satu hamba yang berlomba mendapatkan ganjaran award dari Allah. 

Jelang bulan puasa, saya merenung. Mengevaluasi ramadhan sebelumnya. Di mana belum bisa mengendalikan diri sepenuhnya. Salah satu contohnya, masih jadi bagian "mereka" yang sibuk menyiapkan hidangan buka puasa berlebihan. Padahal, kami hanya berdua.

Sehari-hari tak selalu masak heboh. Lebih sering beli di warung langganan. Itu pun dalam porsi secukupnya. Lalu mengapa saat puasa jadi maruk? Bukankah seharusnya, saat puasa urusan logistik berkurang jauh, sebab hanya makan saat sahur dan berbuka. Semoga puasa tahun ini, kami bisa jadi lebih sederhana soal makanan.  

Saya bersyukur, tak terikat jam kerja di luar rumah. Waktu kerja bisa saya atur sendiri. Jam mengajar juga tidak padat. Sehingga punya banyak waktu untuk melakukan kegiatan di dalam rumah. Sejumlah rencana sudah saya masuk list ; Mengedit novel, membaca lebih banyak buku, menulis artikel dan ngeblog. 

Saya hanya punya waktu tiga minggu untuk mengerjakan itu semua. Sebelum mudik ke Bali dan piknik ke beberapa tempat. Semangat!

Bekerja di dalam rumah, saya kira tak akan banyak godaan yang bisa membatalkan puasa. Saya bisa fokus kerja sambil santai.

Tak ada persiapan lebaran selain beli tiket mudik. Itu pun dibeli mepet. Sebab menunggu suami libur. Itu saja. Tak ada tradisi saya dan suami beli baju lebaran. Kue-kue lebaran kami pesan itu pun tidak banyak. Yang sudah-sudah kami makan sendiri, karena sepanjang Idul Fitri kami pulang ke rumah orangtua di pulau sebelah. He-he-he.

Di Bali, seperti biasa, selain leyeh-leyeh di rumah ortu, kami akan piknik. Paling ke pantai atau sekedar keluar masuk toko buku.

Belum bisa menulis banyak nih! Kepala saya masih mampat efek beberapa hari ini tune berita teroris.  Tak putus saya berdoa, semoga cobaan bagi bangsa ini segera usai. 


Selamat menunaikan ibadah puasa bagi Teman-teman yang menjalankannya. Semoga Allah berikan kemudahan bagi kita.


Salam RanselMbakYeye










Comments

Popular posts from this blog

Ke Bali Naik Kereta Api

Bekerja dengan Cinta, Bekerja dengan Bahagia

Kulineran Ikan Dorang