Belajar dan Berbagi Ilmu di HCC

TEMAN-teman yang berkecimpung di organisasi atau perusahaan, tentu sudah tidak asing dengan Human Resource Management (HRM),  bukan?

Ya, divisi ini yang menjalankan fungsi untuk mengembangkan dan menjamin kesejahteraan sumber daya manusia di dalam organisasi (Amstrong, 2009). Boleh dibilang HRM  merupakan strategi atau rangkaian langkah-langkah dan pendekatan untuk mengelola sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang sudah ditetapkan organisasi.

Ada lagi Human Capital Management (HCM).

Apa itu?

Human Capital, menurut Gary Becker (University of Chicago), berfokus pada aktivitas-aktivitas yang dilakukan perusahaan/organisasi untuk memersiapkan masa depan perusahaan atau organisasi melalui penanaman pengetahuan kemampuan pada manusianya.

-----

Nah, buat Teman-teman yang sedang berkecimpung atau tertarik dengan Human Capital dan ingin belajar lebih banyak hal, sekarang bisa join di Human Capital Community (HCC), yakni sebuah komunitas yang dibangun untuk berbagi ilmu dan pengalaman yang berkaitan dengan Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM), salah satunya dengan komunikasi aktif melalui WA, pelatihan dan seminar yang dihelat HCC.





Ingin tahu lebih detil tentang tujuan dan kegiatan HCC?


Kalau boleh cerita, group WAG HCC ini dibentuk sebagai sarana berkumpul secara virtual untuk kemudian bersama-sama memanfaatkannya sebagai forum bermanfaat untuk;

1. Belajar dari satu sama lain dengan cara berbagi,atau bertukar ilmu, yaitu bagi member yang tahu dan memiliki pengalaman  tentang sebuah teori, konsep, dan teknik untuk membaginya kepada anggota yang lain, atau

2. Belajar bersama-sama dari orang-orang yang dianggap memiliki ilmu, pengetahuan dan pengalaman yang lebih banyak dari anggota grup.


Bagaimana dengan Metode Belajar WAG HCC?

1. Metode pertama yakni dengan sharing ilmu atau pengetahuan, dan pengalaman menggunakan metode yang disebut KULWAG.

Apa itu KULWAG dan ketentuannya?

Ini telah dibuat khusus dan telah disampaikan kepada semua anggota.

2. Metode kedua, melalui diskusi langsung yang bisa dimulai oleh seorang anggota yang mengajukan sebuah pertanyaan atau beberapa buah pertanyaan kepada forum dan anggota lain  berusaha menjawabnya. Atau bisa pula seseorang melontarkan sebuah konsep atau tulisan ringkas berisi pengalamannya menerapkan sesuatu dan minta komentar atau tanggapan dari rekan-rekan lain tentang cara yang telah dilakukannya atau sikap yang telah diambilnya itu.

Cara mana pun yang digunakan, ada yang harus diingat dan dipatuhi oleh semua anggota, yaitu Group HCC tidak digunakan sebagai “Arena Balap antara Sesama Bis Kota.”

3. Metode ketiga, anggota menyumbangkan artikel karya sendiri TETAPI HARUS SUDAH DALAM BENTUK  “LINK”. Semua artikel nantinya akan dimasukkan ke dalam Buletin Group HCC, atau, menyumbang artikel karya pakar yang mungkin diperoleh dari sumber lain untuk artikel karya seseorang yang berkaitan dengan HR, GA, Legal dan hal-hal yang berkaitan dengan MSDM untuk bahan diskusi bersama.

4. Dengan belajar bersama melalui even pelatihan yang diadakan Grup HCC dengan tema dan bahasan menyesuaikan dengan kondisi.



Wah, menarik ya! Lalu, siapa saja yang bisa gabung dengan Grup Human Capital Community (HCC)?

Para praktisi, pemerhati yang mempunyai kesamaan profesi  sebagai HRD, GA, Legal dan MSDM yang serius  belajar dan mengembangkan diri di bidang MSDM dan yang terkait, bisa menjadi bagian dari keluarga Grup HCC.


Berikut aturan  Grup HCC yang harus dipatuhi semua anggota :

1. HCC bebas iklan, kecuali ;


  •     Poster/pengumuman seminar dan atau pelatihan dengan narasumber dan topik yang akan diberikan.
  •     Kegiatan organisasi profesi atau pengumuman lain berdasarkan persetujuan tim manajemen HCC.

2. Tidak ada stiker/posting gambar, untuk menghormati keseriusan anggota lain.

3. Saling menghormati antar sesama anggota.

4. Dilarang melakukan bullying baik fisik maupun perkataan kepada sesama anggota.

5. Bercanda tidak dilarang asalkan mengetahui batasan-batasannya dan tetap menghormati sesama anggota.


Hak Anggota Grup HCC :

1. Anggota berhak mengikuti seluruh kuliah terjadwal.

2. Anggota berhak mengajukan pertanyaan (tata tertib berlaku).

3. Anggota berhak mem-posting artikel yang berhubungan dengan materi HRD, GA, Legal dan MSDM hanya untuk dibahas bersama sesama anggota di bawah asuhan narasumber di grup HCC ini, bisa dimanfaatkan sebagai tempat berkonsultasi sesama anggota (tata tertib berlaku).



Bermottokan,  “Belajar dan berbagi ilmu, ketrampilan dan pengetahuan tentang dunia HRD, GA, Legal, dan MSDM”, memiliki makna bahwa seluruh anggota  perkumpulan HCC bertanggungjawab, mengemban tugas bersama-sama mengembangkan dan membagikan ilmu dan keilmuan yang dimiliki untuk menciptakan insan dan praktisi HRD, GA, Legal dan MSDM yang berkeTuhanan YME, Pancasilais dan sesuai dengan amant UUD 1945 dan Peraturan-peraturan ketenagakerjaan yang telah ditetapkan dalam keputusan Keputusan Bersama anggota pengurus perkumpulan.


Logo  Perkumpulan Human Capital Community berbentuk manusia saling bergandeng tangan dengan tulisan Human Capital Community dengan warna Merah dan Putih membentuk lingkaran.

Arti warna pada logo, sebagai berikut ;

a. Hitam, diartikan sebagai organisasi bersifat independen tanpa ada campur tangan dari pihak luar, tegas, solid dan kuat dalam menghadapi perkembangan dan tantangan jaman.

b. Silver, diartikan organisasi ini berperan serta menciptakan insan HRD, GA, Legal dan MSDM memiliki ilmu dan pengetahuan yang mumpuni sehingga membuat praktisi HRD, GA, Legal dan MSDM mampu memberikan sumbangsih dan ilmunya di tengah kondisi dunia ketenagakerjaan yang penuh dinamika dan berpikiran visioner, seperti arti warna silver yang menciptakan kesan warna milenium yang disimbolkan  sebagai kemajuan jaman.

c. Merah diartikan berani menyampaikan aspirasi demi kebaikan perusahaan pada khususnya dan karyawan pada umumnya seperti air dari warna merah  yang memberi kesan kehangatan, bahagia, keberanian, semangat, kekuatan dan kegairahan.

d. Titik-titik di sekelililing logo diartikan sebagai anggota komunitas yang selalu mendukung segala kegiatan perkumpulan sesuai visi dan misi perkumpulan.

Catatan ; e.  Ukuran atribut dan pemakaian logo diatur dengan ketentuan tersendiri.

                f. Seluruh anggota tidak berhak mengubah atau mengusik logo dalam bentuk apapun.

                g. Penggunaan logo harus seizin Pengurus Inti Perkumpulan Human Capital Community.


----



Untuk menambah ilmu dan pengetahuan  bagi para anggotanya sekaligus memerkenalkan wadah HCC di masyarakat,  akan dihelat One Day Training bertajuk "Basic HR General", menghadirkan keynote speaker Agus Harinomo, pakar praktisi SDM dan Trainer.
Acara berlangsung pada Minggu, (29/10) 2017 bertempat di Best Hotel, Jalan kedungsri 28, Surabaya. Mulai pukul 09.00 WIB.

Pastikan hadir dan bergabung bersama Human Capital Community, merasakan manfaat dan berbagi ilmu.










Tabik,





Comments

Popular posts from this blog

Ke Bali Naik Kereta Api

Bekerja dengan Cinta, Bekerja dengan Bahagia

Kulineran Ikan Dorang