Cewek Kok Ngopi?

Seruput kopi. Kapan pun di mana pun. Dok : Pribadi




CEWEK kok ngopi?

Kalimat itu sudah ratusan kali saya dengar dari teman, kawan, siapa pun yang ketemu saya dan mengomentari kebiasaan saya yang suka ngopi.

Emang salah ya kalau cewek ngopi? Hehehehe. Saya pastikan mereka yang komen begitu, berarti gak kenal dekat dengan saya.

Saya dari cilik, tepatnya balita sudah biasa nyucrup kopi buatan simbah. Sampai akhirnya, saya dapat jatah sendiri di cup plastik kecil.

Kopi buatan simbah, adalah kopi racikan beliau sendiri. Mama saya beli di pasar, saya gak tahu jenisnya apa. Tapi yang jelas, saya ingat persis, bijih kopinya gendut-gendut. Oleh simbah, bijih kopi itu disangrai bareng sama beras, lalu dideplok sendiri.

Kopi yang menyisakan ampas namun mantap jiwa itu biasa saya sruput sore hari. Kadang, kalau pagi suka diam-diam nyeruput kopi punya Papa.

Kebiasaan ngopi itu berlanjut sampai dewasa. Jaman kuliah dulu, adalah masa paling kecanduan berat.  Bangun pagi-pagi, sambil antri mandi di kos-an, saya sarapan coffe mix secangkir besar. Lalu, di kampus, saat jeda kuliah, saya ngopi lagi di kantin. 17 tahun lalu, "ngopimix" itu termasuk lambang kemewahan ala anak kos.

Sorenya, nyampe di kos, saya bikin kopi hitam. Nah, kalau ada kawan datang, ngopi lagi bareng-bareng. Malam, saat belajar atau lembur garap tugas, bikin kopi lagi. Kalau dihitung, sehari bisa seruput minimal lima cangkir sehari.  Gak kopi hitam mulu sih. White coffe dan coffe mix juga saya sruput. Stok kopi di kos-an saya boleh dibilang selalu ada. Berasa kaya banget hahaha. Sampai pernah ada kawan yang komentar, "Aku ke kosanmu buat numpang ngopi. Secara tanggal tua." Nyebelin banget kan??

Percaya gak percaya, dulu saat mengalami susah BAB, minum kopi dan makan mie goreng itu bisa melancarkan acara  buang racun. 

Saat kerja pun, malah lebih gila. Nyaris, saban malam saya nongkrong di tempat ngopi bareng teman. Kayaknya, semua warung kopi jaman itu di Jogja gak ada yang luput saya samperin. Kopi-kopi yang dicemplungin arang bakar itu sudah lewatlah. Hahahaha. Masa-masa itu, belum menjamur kafe-kafe hitz kayak sekarang. Paling top salah satunya Starbuck.

Supply kopi terbesar adalah dari Mama saya di Bali. Saban bulan saya selalu dapat kiriman kopi. Kalau pas asupan telat datang, saya larinya ya ke kopi sachetan atau ngopi di warung.

Kenal kopi dan ngopi ala-ala cafe macam Starbuck itu dari Papa saya malahan. Beliau memprovokasi kalau sering ngopi di kafe sama teman kantornya. Kopinya ada buihnya. Saya yang masih cupu jaman itu, jadi penasaran dong. Walhasil, pergilah kami ngopi bareng di Mall. Ngopi yang ada buihnya. hahaha. Sejak itu, saya bercita-cita kalau punya duit sendiri, saya mau ngopi di tempot gedongan itu. Maklum, waktu itu Papa saya yang bayarin.

Kopi hitam sedikit gula. Mantap jiwa. Dok : Ambil di Net


Katanya, biar saya gak kuper. Menurut beliau, ngopi di tempat gedongan macam itu buat pertemanan sama ngobrol-ngobrol bisnis gitulah. Ya emang sih, secara secangkir kecil saja jaman itu sudah termasuk mehong harganya. Ketimbang ngopi di warung pojok kampung. Hehehehe. Saya pun minumnya juga pelan-pelan biar gak cepat habis. 

Kecanduan kopi itu sudah pasti. Pernah sih saya mencoba prei ngopi. Ini mengikuti anjuran kawan, katanya ngopi gak baik buat kesehatan. Yang ada malah kepala saya cekot-cekot dan gak bisa diajak mikir. Maunya emosi mulu. Begitu dikasih kopi, langsung syaraf-syaraf di kepala terkoneksi lagi. Xixixixixi.


Terus terang, selama ngopi bertahun-tahun, saya gak pernah memerhatikan jenis kopi yang saya cucrup itu kopi apa? Arabica-kah atau Robusta, pokoknya minum saja. Kecuali, kalau pas beli yang sudah dikemas-kemas dalam kantong kertas ala-ala suvenir itu. 

Barulah beberapa tahun terakhir, saya sok-sok peduli sama jenis kopi yang saya minum. Alhamdulillah, sebagian besar kopi di nusantara saya sudah pernah nyicip.  Pernah dapat dari teman kopi dari Aceh, Lampung, Gayo, Toraja sampai Papua. Kalau kopi Bali sudah gak perlu dibahas lagi. Xixixixi. yang lokalan macam kopi dari  Bondowoso, Jember,  Banyuwangi, dan

Kopi yang disajikan ala tradisional lebih jos. Dok : Pribadi

Jogja terus kopi yang bijihnya pakai diemplok dulu sama luwak juga pernah nyicip. Kopi dari Malaysia, Vietnam sama Korea juga pernah nyucrup.


Sekarang intensitas ngopi saya sudah gak seberat tahun-tahun lalu. Ini bukan karena alasan kesehatan  sih, tapi lebih karena  seneng ngopi di luar aja. Suka bosen dengan kopi buatan sendiri.
Partner in crime saya berburu warung kopi siapa lagi kalau bukan suami. Sesekali saya pergi ngopi bareng teman ngajar.

Dari hasil browsing-googling, minum kopi ternyata baik buat kesehatan. Ya, ada sih dampak negatifnya, tapi mudah-mudahan hanya mitos belaka. Saya sih lebih gak percaya sama mitos-mitos begitu. Toh, nyatanya ketika saya stop prei ngopi, yang ada kepala saya cekot-cekot dan badan jadi gak karuan.

Apalagi, saat menstruasi, aduuuh hanya kopi yang bisa meredakan sakit kepala sebelah. Kalau lagi kondisi banyak pikiran gitu, saat haid kepala rasanya mau ambyar. Obat yang manjur hanya segelas kopi.

Kalau ditanya enakan mana ngopi di kafe ala-ala kekinian nan ngehits sama di warkop? Di mana saja sih enak. Ngopi di rumah orang saat bertamu juga mantap jiwa. Hahahaha. Nah, kalau saya order kopi, pasti tidak lupa kasih es batu. Rasanya ? Seger sampai ubun-ubun.

Minum kopi, menurut saya bukan sekedar rasa kopinya, tapi pengalaman ketika menuju tempat ngopi, pertemuan dengan orang-orang yang ada hubungan sama kopi yang kita sruput dan satu lagi, kopi itu mengakrabkan kekerabatan.

Di keluarga saya, ngopi bareng itu jadi semacam acara wajib saat kumpul. Sambil nongkrong ngobrol  gitulah.

Jadi kapan kita kopdaran nih? Kabar-kabar yah!








Comments

  1. Hehehe aku jugagemar banget ngupi Yeti. Doyannya juga sama, sejak kecil. Dulu sarapannya ngupi:p

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Ke Bali Naik Kereta Api

Kulineran Ikan Dorang

Bekerja dengan Cinta, Bekerja dengan Bahagia